Wabah Itu Bernama Korean Addiction

Bisa dikatakan tahun ini adalah tahunnya wabah Korean Addiction, hehe, bagaimana tidak jika ada begitu banyak para penggemar segala sesuatu yang berbau Korea, dan hebatnya lagi, wabah ini sudah menjamur diseluruh pelosok Indonesia. Aku tidak begitu paham para pecandu ‘Korea’ itu menyebut dirinya sebagai apa ? Tapi, ‘fenomena’ ini cukup menguras perhatianku, mempelajari dan mengamati lebih jauh, mengikuti perkembangannya, karena siapa tahu hal itu bisa bermanfaat bagi profesiku.

Belum lagi tayangan drama korea yang ditayangkan di Indosiar, yang sangat mendukung penularan ‘wabah’ ini keseluruh penjuru Indonesia, dan meskipun aku tidak begitu mengikutinya, tapi setidaknya aku mengetahui apa saja drama yang di putar di stasiun televisi yang mendadak Korea itu, hehe, sebagai berikut :

  1. Hana KimiDrama Japan Hana KimiSinopsis Hana Kimi
  2. You Are My DestinyDrama Korea You Are My DestinySinopsis You Are My DestinyYou Are My Destiny Korean Drama
  3. City HunterDrama Korea City HunterSinopsis City HunterCity Hunter Korean Drama
  4. Naughty KissDrama Korea Naughty KissSinopsis Naughty KissNaughty Kiss Korean Drama
  5. You’ve Fallen For MeDrama Korea You’ve Fallen For MeSinopsis You’ve Fallen For MeYou’ve Fallen For Me Korean Drama
  6. Dong YiDrama Korea Dong YiSinopsis Dong YiDong Yi Korean Drama
  7. PastaDrama Korea PastaSinopsis Pasta
  8. Lie To MeDrama Korea Lie To MeSinopsis Lie To Me

Dan khusus Hana Kimi yang agak menyimpang dari trend, hehe, tapi masih tetap sesama drama asia. Belum lagi ‘wabah’ musik Korea, seperti halnya SNSD, 4Minutes, Big Bang, dsb. Wah, terlalu banyak jika aku tulis semua, karena memang ada begitu banyak virus-virus asal Korea itu.

Nah, kira-kira sampai kapan wabah ini berlangsung ? Aku pikir bagi Korean Addiction ‘karbitan’ hanya bertahan hingga akhir tahun saja, tapi bagi Korean Addiction yang asli, yah pasti selama hal-hal yang berbau Korea tetap ada, mereka pasti tetap hidup eksistensinya. Lalu apakah ini buruk ? Aku pikir selama berdampak positif, itu bukanlah suatu masalah yang besar, tapi ingat kita juga harus bangga dengan negeri kita sendiri, bagaimanapun kondisinya dan keadaannya.

Iklan

Cara Melaporkan Blog Spam & Autoblog Ke Google

Tulisan ini saya buat, setelah membaca artikel blog tetangga, yang judulnya Cara Melaporkan Autoblog Di Google, yang di tulis oleh Vortuno. Aku pikir bukan hanya autoblog saja yang bisa dilaporkan, tetapi Blog Spam pun bisa kita laporkan. Dan yang pasti, saya menulis ini bukan lantaran ahli, hanya menulis apa yang saya pikirkan setelah membaca artikel itu.

Pada saat ini, ketika kita membutuhkan informasi penting di Google, seringkali kita merasa kesusahan menemukan blog ataupun website yang ‘asli’, karena terlalu banyak penipuan konten, khususnya yang dilakukan oleh autoblog, yang seenaknya mencuri feed blog ataupun website kita. Mencuri feed sih boleh-boleh saja, toh mereka juga ingin mendapatkan sejumlah uang, tetapi bukankah pemilik feed juga ingin mendapatkan uang dari blog monetize mereka ? Bukankah seharusnya hubungan saling menguntungkan itu jauh lebih baik, ketimbang hanya menguntungkan diri sendiri, dan merugikan pihak lain ? Sepertinya itu adalah hal yang sangat sulit. Aku pikir jika autoblog itu selain mencuri summary post blog lain, tetapi juga memberikan link sumber yang dofollow, sudah pasti pemilik artikel yang sebenarnya tidak akan kebakaran jenggot.

Satu hal yang harus kita ingat, janganlah merasa diri kita yang terbaik, sehingga dengan seenaknya merendahkan, merusak, dan merugikan blog atau website yang lainnya, yang kita anggap masih bau kencur. Pertanyannya, apakah anda sudah benar-benar mengenal si pemilik blog bau kencur itu ? Lantas bagaimana jika ternyata mereka berkali-kali jauh lebih hebat dibandingkan dengan kemampuan kita ? Sedangkan kita ‘dengan sengaja’ merugikan blog mereka. Lalu bagaimana jadinya jika mereka marah, dan dengan sangat terpaska mereka mengerahkan seluruh kemampuannya, yang selama ini mereka ‘sembunyikan’, dan bukankah itu sama halnya kita berenang di kolam buaya ? Hehe, menyeramkan tentunya.

Yah, mungkin kini saatnya kita intropeksi diri, karena diatas langit masih ada langit lagi, dan seterusnya. Semoga artikel super singkat ini bisa memberikan pencerahan bagi ‘pencuri konten’.

‘Agama Baru’ Itu Bernama Google

Siapa yang tidak kenal Google, dia adalah search engine yang paling populer didunia ini, dan bahkan di Indonesia. Jika kita berbicara tentang Google, maka kita juga membicarakan milayaran website di dunia maya, yang 50% lebih pengunjungnya mereka peroleh dari search engine Google.

Bagi para pencari uang didunia maya, Google adalah seperti halnya ‘tuhan’ atau mungkin ‘agama baru’ mereka. Hampir sebagian besar dari mereka menggantungkan diri kepada Google, dan tunduk pada peraturan Google itu sendiri. Bagaimana tidak, jika yang mereka takutkan adalah hukuman :

  1. Banned.
  2. Suspend.
  3. Sandbox.
  4. Dance.

Yah, setahu aku empat ‘hukuman’ itu yang mereka takutkan, maka tidak salah jika Google adalah seperti sebuah ‘agama baru’. Empat hukuman tersebut adalah ibarat ‘neraka’, Larry page dkk adalah ibarat ‘tuhan’, dan Google adalah ‘agamanya’, dan PR 1, uang plus jutaan visitor adalah ‘surganya’. Hehe, aku sadar jika tulisanku ini ada yang memandang terlalu ekstrim, tapi memang itulah kenyataannya. Apakah kamu salah satu bagian dari mereka?

Video Upin Ipin Seharusnya…

Video Upin Ipin itu seharusnya menggunakan bahasa Indonesia, dan bukan bahasa melayu. Bagaimana tidak, jika serial Upin dan Ipin di tayangkan di Indonesia, tapi tidak menggunakan bahasa Indonesia. Itu bisa merusak pengetahuan bahasa Indonesia bagi anak-anak sejak usia dini. Aku pikir video Upin Ipin itu harus secepatnya dirubah menjadi bahasa Indonesia, karena itu penting.

Aku menyadari jika serial Upin Ipin adalah serial favorit anak-anak hingga orang dewasa, karena mengajarkan dan mencontohkan begitu banyak kebaikan dan budaya ketimuran. Hanya saja permasalahannya terletak pada bahasa yang di gunakan. Lalu apakah terjemahan teks itu cukup? aku pikir itu tidak cukup, karena harus diterjemahkan dari audionya, sehingga anak-anak Indonesia sudah mengenal bagaimana bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sedangkan untuk masalah frekuensi jam tanyang menurutku tidak ada masalah, karena memang serial itu mengajarkan dan mencontohkan banyak kebaikan, jadi selama dampaknya positif itu bukan masalah yang besar, kecuali masalah bahasa melayunya.

Ya, sejak awal serial itu muncul, itulah yang aku pikirkan, dan ternyata hingga saat ini belum juga ada perubahan. Kini, bagaimana menurut kalian?

Cangkruk Di Warung Kopi Pak Mufid Membuat Bingung Google

Cangkruk Di Warung Kopi Pak Mufid membuat bingung Google (mungkin), bagaimana tidak jika hasil penelusurannya mencapai 14,600. Seperti pada tulisan saya sebelumnya, Cangkruk Di Warung Kopi Pak Mufid ini adalah kontes SEO kecil yang di adakan oleh sebuah komunitas blogger di Surabaya, mereka menjulikinya Giras Freakz. Dan bahkan, ketika saya mencoba mengetikkan keyword “Cangkruk Di“, pasti di suggest oleh Google dengan “Cangkruk Di Warung Kopi Pak Mufid“, hehe.

20 Mei 2011 adalah batas akhir kompetisi kecil ini, dan yang menduduki peringkat teratas saat tulisan ini dipublish masih tetap Fly. Sial, blog dia terbilang cukup kuat juga, sangat sulit digeser, atau mungkin kompetitornya kurang banyak optimasi yah? Bisa jadi juga seperti itu. Meskipun hadiahnya tidak terlalu besar, karena hanya beberapa ratus ribu saja, tapi itu sudah membuat mereka senang, senang bukan lantaran hadiahnya, tapi ‘permainannya’ yang naik-turun layaknya sebuah video game, menyenangkan tapi juga menegangkan.

Entahlah siapa yang jadi jawaranya, kita tunggu saja hasil terbarunya pada tanggal 20 Mei 2011.

Cara Cek Pagerank (PR) Blog / Website

Cara Cek Pagerank (PR) – Pagerank, oh Pagerank, jujur saja, aku baru tau yang namanya Pagerank (PR), setelah selama ini hanya mendengar istilah Pagerank dari teman-teman, kadang mereka menyebutnya PR. Nah, itu berarti aku masih bodoh, masih butuh banyak belajar, cari pengetahuan baru, sampai mati.

PR atau Pagerank adalah sebuah nilai atau rangking dari halaman web yang diberikan oleh mesin pencari google yang nilainya ditentukan dari algoritma pagerank yang dibuat oleh pendiri google, yaitu Lawrence Page and Sergey Brin. Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi content situs tersebut lebih berguna dari content situs lain, dan PageRank dihitung dengan skala 1-10.

Nah, setelah aku tau yang namanya Pagerank, iseng-iseng aku cek satu persatu situ populer, ak mengecek pagerank itu di berbagai situs, salah satunya di http://www.prchecker.info, kalian bisa mencobanya di situs itu.

Dan dari semua situs populer yang aku cek, ternyata benar ber-Pagerank 1. Kemudian aku mencoba disalah satu blog temanku di alamat facebone.blogspot.com hasilnya nol (0), vornino.com hasilnya nol (0), dan ketika website studio desainku -www.vordava.com- aku cek, dan hasilnya nol, hingga kemudian aku cek halaman blog personalku ini, dan hasilnya PR 1. Hah! Tololnya aku, selama ini gak tau kalo blog ini ber-PR 1. Hehe, terus kenapa kalo PR1? Oke kawan, semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi kita semua.

Best Blogger Template (Terbaik)

Best Blogger Template (Terbaik) – Template Blogger terbaik aku temukan waktu iseng-iseng browsing. Best Blogger Template ini menurutku yang terbaik, cantik, minimalist dan ringan di akses. Entah apa nama template Blogger ini, mungkin teman-teman bisa membantu memberikan informasinya. Sebagai informasi, template terbaik ini digunakan di blog facebone, sebuah blog -sepertinya- baru, karena dari tanggal postingnya terlihat baru saja diupdate.

Coba kalian check dan kalo sempat beri pendapat kalian disini, menurut kalian bagus atau tidak. Tapi, dibawah ini aku sertakan juga print screennya. Dan maaf, ada salah satu tulisan di image yang aku sensor, hehe.