Tragedi TKI Disable Bertambah Banyak

Dua hari yang lalu, ada sedikit berita buruk, ada banyak TKI yang secara kebetulan mereka adalah teman-temanku yang di aniaya tanpa ampun. Seluruh sumber mata pencaharian mereka di disable, dan sudah tidak mungkin bisa digunakan lagi sebagai lahan untuk mencari uang, dari salah satu grup si mbah yang satu ini.

TKI yang aku maksud itu bukan Tenaga Kerja Indonesia, meskipun mereka juga dari Indonesia, akan tetapi TKI yang aku maksud adalah Tenaga Kerja Internet, dengan kata lain blogger monetize, hehe. Setelah check posisi serp Tempe Penyet Cak Bendol Surabaya, aku kepikiran pengen jenguk salah satu ladangku, eh kok iklannya gak muncul yah ? Aku pikir itu PSA, tapi setelah aku buka semua halaman kok gak ada iklan yang muncul. Wah, alamat di banned lagi, hehe, tapi setelah check email syukurlah ada pesan dari Adsense jika aku tidak di banned, melainkan blogku di disable untuk menayangkan iklan dari Adsense, Huaaaa ! Mati aku, hehe. Setelah mendapatkan pesan (email) dari Adsense, aku check semua blog rekan TKI-ku, hehe, syukurlah, ternyata bukan aku saja yang jadi korban penganiayaan Google Adsense, melainkan banyak, dan sepertinya Adsense lagi mengadakan sidak dadakan.

Aku pikir bisa jadi sidak itu bukan hanya untuk beberapa blog, melainkan banyak, karena terbukti bukan hanya blogku yang menjadi korbannya. Dan ujung-ujungnya, sore hari di sebuah warung kopi, kami mendiskusikan hal itu, dan hingga saat ini masih belum ada solusinya. Hmm, Adsense memang kejam.