Cara Melaporkan Blog Spam & Autoblog Ke Google

Tulisan ini saya buat, setelah membaca artikel blog tetangga, yang judulnya Cara Melaporkan Autoblog Di Google, yang di tulis oleh Vortuno. Aku pikir bukan hanya autoblog saja yang bisa dilaporkan, tetapi Blog Spam pun bisa kita laporkan. Dan yang pasti, saya menulis ini bukan lantaran ahli, hanya menulis apa yang saya pikirkan setelah membaca artikel itu.

Pada saat ini, ketika kita membutuhkan informasi penting di Google, seringkali kita merasa kesusahan menemukan blog ataupun website yang ‘asli’, karena terlalu banyak penipuan konten, khususnya yang dilakukan oleh autoblog, yang seenaknya mencuri feed blog ataupun website kita. Mencuri feed sih boleh-boleh saja, toh mereka juga ingin mendapatkan sejumlah uang, tetapi bukankah pemilik feed juga ingin mendapatkan uang dari blog monetize mereka ? Bukankah seharusnya hubungan saling menguntungkan itu jauh lebih baik, ketimbang hanya menguntungkan diri sendiri, dan merugikan pihak lain ? Sepertinya itu adalah hal yang sangat sulit. Aku pikir jika autoblog itu selain mencuri summary post blog lain, tetapi juga memberikan link sumber yang dofollow, sudah pasti pemilik artikel yang sebenarnya tidak akan kebakaran jenggot.

Satu hal yang harus kita ingat, janganlah merasa diri kita yang terbaik, sehingga dengan seenaknya merendahkan, merusak, dan merugikan blog atau website yang lainnya, yang kita anggap masih bau kencur. Pertanyannya, apakah anda sudah benar-benar mengenal si pemilik blog bau kencur itu ? Lantas bagaimana jika ternyata mereka berkali-kali jauh lebih hebat dibandingkan dengan kemampuan kita ? Sedangkan kita ‘dengan sengaja’ merugikan blog mereka. Lalu bagaimana jadinya jika mereka marah, dan dengan sangat terpaska mereka mengerahkan seluruh kemampuannya, yang selama ini mereka ‘sembunyikan’, dan bukankah itu sama halnya kita berenang di kolam buaya ? Hehe, menyeramkan tentunya.

Yah, mungkin kini saatnya kita intropeksi diri, karena diatas langit masih ada langit lagi, dan seterusnya. Semoga artikel super singkat ini bisa memberikan pencerahan bagi ‘pencuri konten’.