Google Dance Telah Selesai

Google Dance, seperti itulah mereka (blogger) menyebutnya, sebuah kondisi ketidakstabilan SERP pada seluruh keyword artikel yang pernah kita tulis sebelumnya. Pada beberapa waktu yang lalu aku telah menulis tentang Google Dance yang terjadi pada salah satu blog-ku (bukan blog personal ini), dan hal itu sudah pasti sangat menyiksaku, hehe, apalagi itu blog monetize.

Coba bayangkan, sebelumnya hampir semua keyword yang aku gunakan menempati halaman 1 pada SE Google, tapi setelah Google Dance menjangkit seluruh urat saraf blogku, hancur semua berkeping-keping, dan jatuhlah semua di ujung pantat Google, haha. Setelah satu minggu lebih 2 hari, aku mendapatkan pesan dari Google, bahwa blogku layak mendapatkan ‘sertifikat baik’, karena sebelumnya aku komplain bahwa aku menulis original, bukan blog agc/acg, tidak melakukan teknik SEO yang ‘terlarang’ (karena memang tidak bisa), tidak melakukan spam yang berlebihan, dan semuanya itu murni organik. Beberapa hari masih belum juga ada balasan, tapi terlihat beberapa pengunjung tanpa ip dari USA mengunjungi blogku berkali-kali, dan aku yakin itu adalah Googlebot, yang bertugas crawling seluruh isi blogku itu. Dan hingga dapatlah aku pesan dari Google. Disaat Google Dance menyerangku, aku memperbaiki beberapa kesalahan pada link dan tag, karena beberapa ada yang kembar, ada yang rusak/hilang, dan sudah pasti itu bisa berdampak pada penurunan SERP di Google.

Sembari mengerjakan dan melaksanakan profesiku di dunia offline, aku mencari informasi bagaimana optimasi yang baik kepada teman-temanku yang tergolong sudah ‘master’ di dunia per-seo-an, disebuah warung tempe penyet cak bendol surabaya. Yah, itulah aku, suka mempelajari dan mencoba hal-hal baru. Dan ada begitu banyak hal yang aku dapatkan dan sudah pasti banyak manfaat positifnya.

Kini Google Dance sudah selesai, dan yang lebih mengenaskan lagi, total backlink-ku yang sebelumnya berjumlah 600, kini melorot menjadi 200, wah bisa gila aku melakukan link building lagi, hehe. Yah, memang lebih baik menanam backlink di dummy blog kita sendiri, atau mungkin di blog milik teman, yang kemungkinan besar kita mendapatkan backlink permanen. Dan pada saat ini, aku masih mempelajari bagaimana membuat backlink yang berkualitas, karena salah satu master seo bilang, kualitas itu jauh lebih kuat daripada kuantitas. Wah, belajar lagi dan lagi..

2 thoughts on “Google Dance Telah Selesai

Komentar ditutup.