‘Agama Baru’ Itu Bernama Google

Siapa yang tidak kenal Google, dia adalah search engine yang paling populer didunia ini, dan bahkan di Indonesia. Jika kita berbicara tentang Google, maka kita juga membicarakan milayaran website di dunia maya, yang 50% lebih pengunjungnya mereka peroleh dari search engine Google.

Bagi para pencari uang didunia maya, Google adalah seperti halnya ‘tuhan’ atau mungkin ‘agama baru’ mereka. Hampir sebagian besar dari mereka menggantungkan diri kepada Google, dan tunduk pada peraturan Google itu sendiri. Bagaimana tidak, jika yang mereka takutkan adalah hukuman :

  1. Banned.
  2. Suspend.
  3. Sandbox.
  4. Dance.

Yah, setahu aku empat ‘hukuman’ itu yang mereka takutkan, maka tidak salah jika Google adalah seperti sebuah ‘agama baru’. Empat hukuman tersebut adalah ibarat ‘neraka’, Larry page dkk adalah ibarat ‘tuhan’, dan Google adalah ‘agamanya’, dan PR 1, uang plus jutaan visitor adalah ‘surganya’. Hehe, aku sadar jika tulisanku ini ada yang memandang terlalu ekstrim, tapi memang itulah kenyataannya. Apakah kamu salah satu bagian dari mereka?