Iklan Televisi Terburuk

Jasa pembuatan iklan televisi di Indonesia memanglah sangat banyak, apalagi jumlah iklan televisi di negeri ini. Dan sebagian kecil dari penyedia jasa pembuatan iklan televisi tersebut, beberapa aku kenal mereka dengan baik. Seringkali kami mendiskusikan masalah perkembangan periklanan dimedia elektronik tersebut, yah..meskipun seringkali -diskusi tersebut- melenceng dari topik awalnya.

Pada pagi hari -antara jam 4 hingga jam 6- aku selalu mengikuti perkembangan berita melalui televisi dari berbagai channel. Beberapa iklan televisi yang muncul sudah pasti jadi perhatian utamaku, wajar saja karena hal itu masih berkaitan erat dengan profesiku. Entah kenapa sebagian kecil dari iklan televisi tersebut sangat-sangat terlihat buruk, sengaja dibuat seperti itu, karena anggaran mereka terbatas, atau tidak punya selera yang baik, entahlah aku juga masih bertanya-tanya. Sudah pasti jika biaya penayangan iklan televisi per-spot (30 detik) sangatlah tidak murah, terutama di stasiun televisi nasional. Jika mereka mampu membiayai penayangan iklan televisi diberbagai stasiun televisi nasional, lantas kenapa tidak bisa membuat iklan televisi yang baik meskipun dengan biaya yang sedikit lebih mahal? Tentu sangatlah rugi, jika mereka mempublikasikan ‘citra yang buruk’ secara nasional, sedangkan biaya yang sudah mereka keluarkan pun tidaklah sedikit.

Aku kira, lebih baik mereka mengalami ‘kerugian’ diawal, demi menghasilkan sebuah iklan televisi yang baik, terlihat cantik -dari sisi visual- dan efektif, baik dari segi pesan hingga target audiencenya, daripada mengalami kerugian besar diakhir, sedangkan mereka tidak sadar ‘keburukan’ tersebut dipublikasikan secara nasional, yang artinya puluhan juta penduduk negeri ini melihat keburukan itu. Sia-sia..

One thought on “Iklan Televisi Terburuk

Komentar ditutup.