Fisik Ayam, Kelakuan Anjing


Artikel kali ini gak ada kaitannya dengan perumpamaan, ataupun kritikan saya tentang sesuatu. Hanya sekedar cerita super singkat, tentang ayam peliharaan orang tua saya, yang secara fisik dia ayam, tapi kelakuannya persis anjing.

Mumun, itulah nama ayam female itu. Badannya gak bau, kakinya mulus, bulunya rapi, halus, gendut, tidak seperti ayam pada umumnya.  Ayam ini sangat unik, karena dia tidak seperti ayam pada umumnya. Meskipun dia dilepas atau mungkin mencari makan yang agak jauh dari kandangnya, begitu dia dipanggil, langsung lari menghadap sipemanggil. Mumun juga senang bermain-main dengan siapapun, terutama kejar-kejaran. Anakku paling suka main kejar-kejaran dengan si Mumun, kadang pula giliran anakku yang dikejar, atau bahkan berlomba lari bersama. Mumun selalu mengganggap dirinya bukan seekor ayam, karena terkadang dia berlagak seperti burung, kucing, ataupun anjing. Dan bahkan diantara kucing-kucing kampung, Mumun adalah jagoannya, jawaranya, karena tidak ada satupun kucing yang berani melawan dia, hehe.

Ya, Mumun memang ayam yang aneh, dan jangan dikaitkan dengan hal-hal mistis ataupun keberuntungan yah? Dia seperti itu, karena sejak kecil tidak pernah diperlakukan seperti seekor ayam.