Kenapa Desain Berharga Mahal?

Kenapa desain bisa berharga mahal? ya, pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh beberapa klien saya ataupun teman-teman saya. Alasan saya menulis artikel tentang ini, karena saya yakin jika sebagian besar dari anda juga pernah atau sedang mempertanyakan hal semacam ini. Dan saya menyadari, jika untuk menjawab pertanyaan ini sangatlah tidak mudah, karena apabila saya jelaskan semuanya kepada anda, maka penjelasannya terlalu panjang. Oleh karena itu, ada baiknya saya menjawab dengan singkat dan jelas, melalui perumpamaan.

Anggaplah anda ingin membangun sebuah rumah ataupun villa, dan sudah pasti anda membutuhkan jasa seseorang yang mampu membangunnya dengan baik. Jika anda memiliki anggaran yang terbatas, maka sudah pasti anda menyewa jasa tukang bangunan, beserta kuli-kulinya, namun apabila anda memiliki anggaran yang sangat besar, maka sudah pasti anda menyewa jasa arsitektur. Tukang bangunan dan arsitektur, sama-sama bisa membangun sebuah rumah. Semua orang sudah pasti tahu jika hasil karya arsitektur, jauh lebih estetis jika dibandingkan dengan tukang bangunan, meskipun arsitektur itu hanya berpengalaman 3 tahun, dan si tukang bangunan sudah berpengalaman 20 tahun. Akan tetapi, jika Tukang bangunan anda perintahkan untuk membangun sebuah hotel, stadion, gedung, maka sudah pasti akan merasa sangat kesulitan, atau bahkan bisa-bisa dia menolaknya, meskipun pada dasarnya dia bisa membangun sebuah bangunan. Namun, lain lagi jika anda memerintahkan seorang arsitektur untuk membangun sebuah gedung, hotel, ataupun stadion, karena sudah pasti dia sanggup dan bisa membangunnya, dengan gaya arsitektur tertentu sesuai dengan kesepakatan bersama.

Desainer dan tukang desain, sama-sama bisa menghasilkan sebuah desain, namun memiliki keahlian teknis dan non-teknis yang berbeda. Dan apabila anda memasrahkan promosi, pengembangan, dan pembentukan produk, brand, profil perusahaan, iklan, logo, dsb, atau apapun yang sangat berharga bagi anda, yang kemudian anda serahkan proyek tersebut kepada tukang desain untuk mendesainnya, maka itu adalah sebuah bencana. Namun apabila anda memasrahkan Tukang desain, untuk mendesain undangan pernikahan, stiker, undangan ulang tahun, dsb, maka itu bukanlah masalah yang serius. Tukang desain memang bisa menghasilkan desain dengan harga yang cukup ataupun sangat murah, namun desain yang dihasilkan tidak memiliki pondasi, strategi, komunikasi, dan visualisasi yang sangat kuat, sesuai dengan skalanya.

Lalu, seberapa mahal desainer menghargai jasa desainnya? Janganlah ragu untuk menanyakan hal tersebut kepada desainer pilihan anda, karena saya yakin mereka pasti menjawabnya dengan baik dan sangat bersahabat. Dan yang harus anda ketahui, desain tidak memiliki harga fix, antara yang satu dengan yang lain.