Blogger Dan Paman Gober

Pada artikel sebelumnya, saya sudah mengupas penghasilan seorang blogger, yang secara kebetulan dia adalah teman saya. Dan pada artikel kali ini, saya kembali berkenalan dengan seorang blogger, yang baru saja menjadi teman saya. Ya, artikel kali ini ada kaitannya antara Blogger dan Paman Gober.

Penampilannya biasa-biasa saja, tidak ada yang istimewa, dan bahkan ponselnya adalah ponsel keluaran lama, namun untuk pemuda seusianya, cukup hebat bisa membeli sebuah mobil, meskipun kredit. Pekerjaannya adalah sebagai seorang blogger, mempublikasikan iklan disetiap blognya, dan dia menekuni profesi ini sejak tahun 2006. Kurang lebih ada 10 blog yang dia kelola, melalui bantuan para asistennya. Ketika saya bertanya, “Memang berapa penghasilanmu untuk setiap blog yang kamu kelola?”, dia menjawab, “Tidak ada blog yang memiliki penghasilan yang pasti, tapi saya punya dua blog yang penghasilannya selalu meningkat. Setiap blog perbulannya menghasilkan 8-9juta, untuk delapan blog yang lainnya hanya sekitar 2-3 juta. Wajar saja, yang delapan blog itu baru saya mulai sejak tahun 2010, dan itu hal yang wajar”. Kemudian saya kembali bertanya, “Bagaimana kamu bisa memperoleh penghasilan sebanyak itu?”, dan dia menjawab, “Kuncinya sabar, konten yang berkualitas, cerdas dalam memilih kata kunci, dan harus selalu update setiap harinya, minimal 2-3 posting.”.

Hebat bukan, dalam satu bulan dia bisa mengantongi uang sebesar 32juta, hanya dengan memprofesikan dirinya sebagai seorang blogger. Untuk pemudia seusianya (27 tahun), antara sebagai Blogger dan Paman Gober sangat sulit dibedakan, hehe. Kemudian, saya kembali mencoba membayangkan kira-kira berapa penghasilan detik.com, kompas.com, ataupun situs berita online lainnya. Mungkin penghasilan mereka bisa melebihi 10 milyar, didalam setiap bulannya. Ya, penghasilan yang fantastis, dan pastinya tetap membutuhkan serangkaian proses yang panjang.