Sir, I Can’t Speak English Very Well

Bangsaku ini, bangsa Indonesia, merupakan bangsa yang sangat aku cintai dan pastinya sangat aku banggakan. Ada begitu banyak pihak-pihak yang mampu menghasilkan karya-karya yang hebat, dan bahkan banyak yang mendapatkan ratusan penghargaan dari dunia internasional. Sebagian besar penghargaan itu, mereka dapatkan dari dunia internasional, dan bukan dinegerinya sendiri, lucu bukan?

Terkadang saya berpikir, apa yang menyebabkan masalah ini berlangsung berlarut-larut? Yah, itulah yang selama ini selalu saya pikirkan. Dan suatu waktu saya telah menemukan jawabannya, dan mungkin inilah penyebabnya. Suatu hari saya berdiskusi dengan teman-teman saya, tepatnya diwarung kopi. Tak jauh dari warung kopi tersebut, ada beberapa orang bule yang terlihat kebingungan, dan mereka mencoba berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, namun masyarakat sekitar takut berkomunikasi dengan mereka, lantaran tidak bisa berbahasa inggris sama sekali. Mereka pun mendatangi kami, dan saya menerima kedatangan mereka, dengan sangat ramah. Jujur saja, saya tidak mahir berbahasa inggris dengan baik, terutama lisan. Saya mencoba berkomunikasi dengan mereka, dan menanyakan apa yang mereka bingungkan. Saya menjelaskan, bahwa saya tidak bisa berbahasa inggris dengan baik, dan syukurlah, mereka sangat menghargai upaya saya, dan berusaha memahami yang sampaikan. Mereka mengatakan, “tidak masalah kamu tidak bisa berbahasa inggris dengan baik, yang penting punya keberanian. Saya sangat menghargai upaya anda”, mereka sangat respek terhadap upaya saya bukan?

Dan sebaliknya, ketika saya berusaha berkomunikasi dengan mereka, dan sering terjadi kesulitan bahkan kesalahan didalam menggunakan kosa-kata, teman-teman saya malah tertawa, dan mengejek saya. Dan saya bukannya malah malu, dan berhenti berkomunikasi dengan beberapa bule tersebut, karena saya tidak menghiraukan mereka, yang penting saya sudah berupaya semaksimal mungkin, dan memiliki keberanian.

Yah, akhirnya saya telah menemukan jawabannya. Untuk hal-hal yang sepele saja bangsa ini tidak bisa menghargai, apalagi untuk hal-hal yang besar. Jika kita menginginkan bangsa ini memiliki kemajuan yang pesat disegala bidang, maka mari kita berlatih menghargai karya ataupun upaya orang lain, mulai dari sekarang.

One thought on “Sir, I Can’t Speak English Very Well

  1. saya ingin sekali bisa lancar berbahasa inggris. namun kendalanya seringkali saya mau mencoba untuk bercakap-cakap lupa semua dengan apa yang akan saya katakan.seringkali saya merasa rendaH diri karena saya kurang bisa berkomunikasi dengan berbahasa inggris.bagaimana cara untuk mengatasi itu?

Komentar ditutup.