Cari duit dari ngeblog?

Malam hari pada 08 Maret 2011, aku ngobrol bareng teman-teman yang berprofesi sebagai blogger, yang artinya mereka cari duit melalui media itu. Mereka memposting artikel berbahasa inggris ataupun indonesia, yang pastinya ada sejumlah iklan pada blog mereka.

Untuk setiap blog yang mereka kelola, perbulannya mereka mendapatkan penghasilan kurang lebih 2 juta. Coba hitung jumlah pendapatan mereka, jika mereka memiliki 15 blog ataupun lebih? Wow, sangat banyak tentunya. Dan tidak heran jika mereka bisa memiliki sejumlah asisten yang digaji kurang lebih 600ribu/bulan, untuk membantu meringankan pekerjaan mereka, sebagai seorang blogger.

Keseharian mereka hanya online, posting, cek pendapatan dan pengunjung pada hari itu. Kami memang mempunyai persamaan didalam setiap pekerjaan, yaitu sama-sama “menyetubuhi” komputer. Namun jika saya harus duduk berlama-lama didepan komputer, dan harus mengurus sejumlah blog, tentu hal itu sangat menjenuhkan bagi saya, karena kesenangannya hanya dari duitnya saja, dan tidak ada proses kreatif, observasi, berpikir, mengkonsep, dan pastinya visualisasi.

2 thoughts on “Cari duit dari ngeblog?

Komentar ditutup.